Siap Tampung Ratusan Pengunjung

WAHANA wisata alam yang dibangun Pemilik Restoran Kepiting Dandito Rudy Setiawan terus bersolek. Ya, komplek Eduwisata Gifta Garden di Km 23, Karang Joang, Balikpapan Utara, yang berdiri di atas lahan seluas 4,5 ha ini makin lengkap dengan berbagai fasilitas, seperti kebun buah sebagai objek wisata petik buah, pengembangbiakan satwa sebagai sarana edukasi, kolam pemancingan, arena outbound, trek gokart, hydroponic green house, restoran, villa, lamin dan lain-lain.

Dari sekian fasilitas yang ditawarkan Gifta Garden ke pengunjung, sebagian besar sudah bisa dimanfaatkan, meski ada juga yang masih dalam proses pengembangan. “Proses pembangunan terus dikejar. Kami target lima tahun lagi Gifta Garden sudah sempurna,” sebut Rudy.

Terbaru, pembangunan Lamin di Agrowisata miliknya tersebut sudah rampung. Lamin ini dapat menampung ratusan wisatawan dan dinilai cocok untuk dijadikan tempat menggelar berbagai acara.

Semua fasilitas yang sudah rampung, sudah bisa digunakan oleh pengunjung, meskipun Gifta Garden belum resmi dioperasikan. “Ya, bisa dibilang soft launching. Sebagian fasilitas masih kami sempurnakan,” terangnya.

Sementara itu, hydroponic green house terus berproduksi. Di ruang seluas 200 meter persegi ini, tumbuh beberapa macam sayuran, seperti aneka selada, sawi dan brokoli.

SIAP PANEN: Aneka selada di hydroponic green house Gifta Garden yang siap panen ini terus dipasarkan.

Untuk hidroponik, Rudy mengaku sudah menjualnya, di samping untuk kebutuhan di restoran. Termasuk pasokan ke petani, per bulan ia bisa menjual 300 sampai 350 kilogram. [hfd]