TANAMAN HYDROPONIC DI GIFTA GARDEN

GIFTA Garden, ekowisata di Km. 23 ini berhasil memanen tanaman selada yang ditanam dengan metode hydroponic pada Kamis (11/5) kemarin. Saat itu juga, hasil panen tersebut diborong oleh pemesan sebanyak 20 Kg.

Inisiator sekaligus pemilik Dandito Restaurant Rudy Setiawan mengungkapkan, di Greenhouse Gifta Garden ada berbagai jenis selada yang ditanam, yakni selada hijau,  selada merah, selada romain, selada, butterheadiceberg dan sawi pagoda. “Kemarin itu (panennya) 10 Kg per hari. Karena ada pesanan, jadi laku 20 Kg,” sebut Rudy.

Dengan hasil panen tersebut, para pembeli pun mulai membanjiri daftar pesanan selada di Gifta Garden. Bahkan Rudy mengakui, ada pesanan lagi untuk Sabtu (13/5) sebanyak 5 Kg. “Mungkin untuk selada hijau besok terakhir panen,” ujarnya.

Selain itu, Greenhouse di Gifta Garden juga ditanami brokoli dengan sistem vertigasi, yakni teknik aplikasi unsur hara melalui sistem irigasi. “Brokoli masih 2 bulan lagi baru bisa dipanen. Masa tanamnya kan 3 bulan untuk panen,” sebut Manager Gifta Garden Noor Mansyah.

DUKUNGAN TERUS MENGALIR

Keberhasilan Gifta Garden memanen tanaman hidroponiknya tak pelak mengundang dukungan dari berbagai pihak. Hal ini terlihat dari banyaknya komentar bernada positif di akun Facebook sang pemilik Gifta Garden, Rudy Setiawan. Seperti komentar dari akun bernama Ahmad Subagio. “Sukses abangda.ntar klo ada waktu kita sunggah sambil petik sayur nya,” tulisnya.

Panen ini juga berhasil menarik PKK Kota Balikpapan untuk berkunjung. “Insya Allah (kunjungan) hari minggu yach …..,” tulis akun Facebook bernama Shinta Wita, salah satu anggota PKK Kota Balikpapan.

Hadirnya Greenhouse Hydroponic ini dinilai melengkapi Gifta Garden sebagai objek wisata petik buah yang berorientasi pada wisata lingkungan, edukasi dan relaksasi alam. (*/hfd)